Selasa, 07 Mei 2013

Artikel : Bagaimana menghitung biaya bangun rumah dan ruko?

Berapa anggaran yang ditawarkan tukang atau pemborong yang datang ke rumah anda ketika anda ingin membangun atau merenovasi rumah dan ruko? 2juta per m2, 3 juta per m2 atau bahkan 3 juta per m2?

Sejujurnya, sebenarnya tidak sesederhana itu dalam menentukan biaya renovasi ataupun bangun rumah dan ruko per meter perseginya? sebagai pemilik bangunan, anda terlebih dahulu harus mengetahui spesifikasi yang akan digunakan untuk membangun atau merenovasi rumah dan ruko. Apakah menggunakan bahan yang kelas bawah, menengah ataupun bagus.


Setelah mengetahui spesifikasi kualitas material untuk bangunan, barulah anda bisa mengetahui berapa sebenarnya biaya bangun rumah dan ruko permeter perseginya. Mintalah Rencana Anggaran Biaya (RAB) kepada tukang/pemborong yang anda percayakan untuk membangun atau merenovasi rumah dan ruko anda. Periksa dengan seksama agar tidak ada komponen pekerjaan yang terlewat. Jika ada salah satu saja komponen pekerjaan yang terlewat, maka, anda jangan kecewa jika ditengah ataupun di akhir pekerjaan, tukang atau pemborong akan meminta tambahan biaya kepada anda.
Categories: