Selasa, 07 Mei 2013

Artikel : Tips memilih kontraktor / pemborong bangun rumah dan ruko

Apakah anda pernah merasa dikecewakan oleh kontraktor / pemborong pembangun rumah dan ruko yang anda tempati atau gunakan sekarang? jika ya, mungkin tips berikut ini dapat anda gunakan. Berikut tips memilih kontraktor / pemborong bangun atau renovasi rumah dan ruko.

Pertama, tanyalah rumah atau ruko yang pernah dibangun atau direnov. Kemudian lakukan survey ke proyek yang sedang berjalan ataupun ke lokasi yang sudah selesai dikerjakan. Ini akan membuat anda yakin dengan pekerjaan yang akan dikerjakan oleh tukang / pemborong yang akan anda bayar.


Kedua, tanyalah alamat rumah atau kantor tukang / pemborong pembangun atau renovasi rumah dan ruko. Jika tidak mau memberitahu ataupun tingga berpindah-pindah, maka hal ini akan memungkinkan tukang / pemborong tersebut terjadi wan prestasi dan sulit mendapatkan pertanggungjawaban dari pekerjaan yang dikerjakannya. Tidak sedikit tukang / pemborong nakal yang memang sengaja mendapatkan uang dengan cara memberikan harga murah, kemudian meninggalkan pekerjaan di tengah jalan setelah mendapatkan bayaran yang lebih dari seharusnya.

Ketiga, mintalah RAB dan surat perjanjian kerja (SPK). Berkas ini adalah bukti kesepakatan dan dasar perhitungan pekerjaan yang akan dilaksanakan. Pastikan dengan benar komponen-komponen yang terdapat pada RAB dan SPK, jangan sampai anda luput sehingga di akhir menimbulkan kerugian baik untuk konsumen dan tukang / pemborong sehingga menjadi konflik yang tidak mengenakkan
Categories: