Minggu, 01 Maret 2015

Tips Membuat Rumah Hemat Lampu

Setiap tahunnya kebutuhan akan selalu beranjak naik, ini menjadi sejalan dengan kenaikan gaji yang dialami pada awal tahun. Hal inilah yang terkadang tidak dilihat oleh para pekerja dan hanya melihat sisi kenaikan gaji saja, tanpa bisa melihat padahal tidak ada dampak kenaikan gaji tersebut. Kebutuhan yang meningkat tidak hanya pada bagian dapur namun menjalar ke seisi rumah, dimana kini pembayaran listrik mengalami kenaikan yang cukup signifikan disetiap periodenya. Berikut tips untuk membuat rumah hemat lampu:

Buat banyak bukaan

Kebutuhan akan penerangan menjadi sangat penting apalagi di malam hari, memang kita tidak bisa mengurangi pemakaian pada saat malam. Namun anda bisa membuat rumah hemat listrik pada saat siang hari, caranya dengan membuat banyak bukaan di sekitar rumah. Jika takut ada tamu tak di undang sebaiknya membuat pagar rumah yang cukup tinggi dan membiarkan sekeliling rumah terbuka pada saat siang hari, selain akan hemat lampu anda juga tidak usah menyalakan pendingin udara , trik ini tentu dapat menurunkan tagihan listrik setiap bulannya.

Gunakan cat warna terang

Warna terang memang akan membuat ruangan sempit menjadi lebih luas, ini juga berbanding lurus dengan rumah hemat impian anda. Sebaiknya menghindari warna yang terlalu redup, seperti hitam, biru tua, merah maroon yang membutuhkan cahaya agar bisa terlihat. Gunakan saja warna putih atau putih tulang agar terlihat lebih natural, kombinasikan dengan warna coklat yang terdapat pada kusen sebagai penyeimbang warna tersebut.