Minggu, 01 Maret 2015

Cara Menghitung Penggunaan Material pada Dinding Bata Merah

Anda terkadang merasa harus bersitegang dengan pemborong mengenai banyaknya material yang digunakan, karena memang perhitungan kita dengan mereka cenderung berbeda, tentu ini berujung pada berapa banyak uang yang harus dikeluarkan. Apalagi saat pembuatan dinding bata merah, saat kita berasumsi hanya membutuhkan seribu maka pihak konstruksi menginginkan nilai 2 kali lipat lebih besar. Lalu sisanya akan digunakan untuk apa? Anda tentu tidak ingin ada penumpukan material di rumah baru bukan, sebaiknya anda mulai mencari tahu bagaimana rumus menghitung jumlah batu bata yang tepat.

Perhitungan dari dinding bata merah terbilang simple yaitu:

1.    Hitung luas dari bata merah yang akan digunakan, ukuran ini bisa berbeda setiap penjual karena menggunakan ukuran mereka sendiri dan tidak adanya patokan yang baku.
2.    Hitung luas tembok yang akan di pasang, lebih baik teliti dan tidak mengurangi karena akan membuat anda memesan bata kembali dan tentu tidak boleh dalam jumlah sedikit.
3.    Hitung kusen, pintu dan jendela, karena adanya material ini tentu mengurangi kebutuhan bata bukan.
4.    Setelah ketemu jumlahnya, luas bangunan dibagi dengan luas bata tersebut maka munculnya jumlah bata yang harus ada pesan di toko material.

Perhitungan dinding bata merah ini terbilang sederhana namun sering kali dianggap rumit, ini hanya perlu ketelitian anda dan juga pasangan saja. Setelah keluar angka tersebut alangkah bijaknya jika memesan sedikit lebih banyak karena bisa jadi bata pecah saat pemasangan, namun jangan berikan angka berlebih dalam pemesanan.